Hot News Internasional

Wuhan Telah Pulih?

Bagikan Artikel Ini:

lebootenews.com – Wuhan – Keadaan kota Wuhan, yang sempat menjadi layaknya kota mati, kini jauh berbeda dari beberapa bulan sebelumnya. Kota yang diketahui sebagai tempat mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) untuk pertama kali ini, telah menampakkan wajah baru.

Beberapa hari yang lalu, akun Twitter AFP mengunggah foto-foto beserta video, yang memperlihatkan kemeriahan sebuah acara bertajuk Pool Party (Pesta Kolam Renang), dan akhirnya viral di media sosial di berbgai negara. Video tersebut juga telah dipost di akun Yotube South China Post 2 hari yang lalu. Pool Party sendiri digelar pada 15 Agustus 2020 di Wuhan, Cina.

Namun, sejumlah tanggapan negatif bermunculan dari berbagai negara, mengingat masih terdapat sejumlah negara yang tetap memberlakukan sistem jaga jarak (social distancing), termasuk Indonesia. Bahkan, media Daily Telegraph Australia pun menjadikan berita ini sebagai headline halaman depan.

Otoritas Cina mengklaim bahwa party yang dipadati oleh ribuan pengunjung (50 persen dari kapasitas normalnya) itu, merupakan ungkapan euforia serta apresiasi atas perjuangan dan kerja keras Cina, yang telah berhasil menundukkan Covid-19. Hal ini juga disebut-sebut sebagai pertanda awal dari kebangkitan kota Wuhan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Zhao Lijian dalam jumpa pers (20/8/2020), menyebut bahwa Wuhan merayakan kemenangannya setelah beberapa bulan berperang melawan epidemi dengan digelarnya Pool Party tersebut di Wuhan Maya Beach Water Park, yang juga disertai dengan meriahnya pertunjukan musik. (Dikutip dari AFP).

Akhir-akhir ini, memang Wuhan belum pernah melaporkan kasus baru pasca Lockdown. Jalan-jalan yang mulai banyak dilintasi kendaraan serta pusat perbelanjaannya yang sudah kembali ramai dipadati pengunjung, dianggap sebagai indikasi bahwa Wuhan, kota yang sebelumnya dikecam dunia tersebut telah berhasil menjinakkan ganasnya Covid-19, dan situasinya perlahan pulih seperti sedia kala.

Pemerintah China membela dugem di kolam renang Wuhan dan menyebutnya sebagai perayaan kemenangan atas perang melawan Covid-19.
 Pool party di Wuhan Maya Beach Water Park dinilai sebagai indikasi kemenangan atas Covid-19. (Foto: AFP/STR)

Reporter : Zakiyah Rizkah Nu’man

Penulis : Zakiyah Rizkah Nu’man

Editor : Zul Karnaen

Bagikan Artikel Ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *